Buku terbit: Mythicalufu

Judul: Mythicalufu

Penulis: San Hanna, dkk
Penyunting: Nikma Rofi
Desainer sampul: Laminca
Penata letak: Laminca

Seluruh ilustrasi diperoleh secara legal dari PNGtree

Cetakan pertama, April 2021
ISBN: 978-623-7977-14-8

Hak cipta dilindungi Undang-undang

 

Blurb:

“Maafkan aku, Athena. Kejadian itu sungguh di luar kendali. Bahkan, aku tidak sadarkan diri ketika pria itu melakukan aksinya.” – Medusa dalam Wanita Bermahkota Ular.

“Berani sekali kau, Dewi! Kau memang tak pantas untuk kujadikan pendamping! Kau hanya pantas kutelan hidup-hidup!” – Kala Rau Dalam Rembulan Lari.

“Centaurus itu manusia setengah kuda, kan?” Kok jatuh cinta dengan angin?!” – Salima dalam Undue Love.

Mitologi sering kali diartikan sebagai mitos menakutkan oleh kebanyakan orang. Namun, ada juga yang langsung mengindentikkannya dengan Yunani. Padahal, mitologi merupakan ilmu tentang bentuk sastra yang mempelajari konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk ajaib dalam suatu kebudayaan. Beda wilayah tentu berbeda lagi mitologinya.

Di dalam buku antologi MYTHICALUFU para kontributor menyajikan 26 cerita mitologi dari berbagai negara. Bukan itu saja, buku ini dilengkapi dengan kamus mitologi, yang bisa membuat pembaca mengenal lebih dekat berbagai dewa-dewi dan makhluk ajaib.

 

Tentang Penulis

Alin Tersiana, wanita kelahiran Mojokerto yang tinggal di Surabaya ini sedang berusaha berkarya di dunia literasi. Impian terbesarnya adalah menerbitkan karya solo. Oleh karena itu, dia bergabung di beberapa komunitas penulis wanita. Memang sampai saat ini belum ada naskah solo yang diterbitkan. Namun, beberapa tulisannya bisa ditemui di Fb Alin Tersiana, IG alintersiana8141, dan Wattpad alintersiana7.

Anisa Naufary adalah nama penanya. Ibu rumah tangga berusia 28 tahun ini adalah salah satu lulusan Ekonomi Syariah dari IAIN Purwokerto. Ini adalah antologi ketiganya. Anak pertama dari tiga bersaudara ini menyukai travelling dan menulis. Jejaknya bisa dilacak melalui akun Instagram @ anisaa_naufary.

Arum S. Puspita, lahir di Banyumas pada 14 September 1985. Membaca novel sembari menikmati kopi adalah hal yang sangat disukainya. Saat ini, kesibukannya adalah menjadi guru di sebuah madrasah di Kab. Purbalingga. Angan-angannya, suatu saat ingin bisa menulis novel.

Asrie Judith, perempuan penyuka novel romantis, senyum yang menular, pemuja semesta, pembaca kartu tarot, dan penyembuh energi.

Ayas Ayuningtias adalah seorang ibu dari dua anak perempuan yang senang menulis. Miracle Work of Happiness, Beyond the Ice, dan Living with Disasters adalah novel solonya yang telah terbit. Puluhan tulisan lainnya dalam bentuk antologi sudah diterbitkan oleh berbagai penerbit. Dia bisa ditemui di Facebook dengan akun Ayas Ayuningtias atau Instagram @Ayas_Ayuningtias.

Betty masih terus berusaha menulis di sela kesibukannya memerangi kejahatan dan melindungi perdamaian dunia. Eh! Maksudnya, bekerja dan bermain bersama tiga bocahnya. Juga masih berjuang mengurangi ketinggian timbunan bacaannya yang sepertinya sebuah misi yang mustahil.

Beberapa karyanya bisa dinikmati di aplikasi membaca daring Cabaca (@betty), Wattpad (@subetty), Storial (@subetty), dan Gramedia Digital. Silakan menghubungi di beberapa akun media sosialnya seperti Facebook (Nurria Betty) dan Instagram (buku_betty).

Bunga Monintja menyukai dunia literasi sejak bangku sekolah dasar. Ibu dari 3 anak ini sudah menerbitkan buku solo berupa kumpulan puisi berjudul Memoar Kehidupan dan 14 buku antologi. Begitu menyukai senja dan pantai karena kedua hal tersebut memberikan arti tersendiri dalam hidupnya. Penulis bisa disapa di akun; Facebook : Levana G. Bunga Monintja, Instagram /Wattpad /KBM App : bungamonintja86, atau e-mail : bungamonintja@gmail.com.

Endah Murtiningrum, lahir di kota Malang. Karya yang sudah terbit adalah sebuah novel berjudul Pelangi di Ujung
Senja; 1 buku antologi puisi Senandung Harapan; 6 buku antologi cerpen Denting Waktu, Jejak Asa – Bentangkan Sayap Impianmu, Cinta, Ruang Tunggu, Karena Kamu Istimewa, dan Kisah Dari Ruang Terdalam; serta 1 buku antologi puisi dan cerpen Reminisensi yang telah ditulis bersama beberapa orang yang tergabung dalam komunitas menulis.

Fayye Arsyana adalah seorang pecinta buku, hujan, senja, musim gugur, dan essential oils (minyak atsiri). Saat ini tinggal dan bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Impian Fay adalah berkeliling dunia bersama suami dan putri kecilnya sembari menulis. Selain hobi menulis, Fay juga hobi travelling, wisata kuliner, dan fotografi. Tulisan Fay yang lain bisa dinikmati di Wattpad @Fayye_Arsyana.

Feralia kumbri nama penaku. Aquarius yang gemar membaca dan lahir di kota Amoy Singkawang, tanggal 18 Februari ini berdomisili di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Karya yang telah dibuat dapat dibaca pada akun Wattpad Feralia kumbri atau akun Instagram @fa_kumbri dan @BiiBrary_.

Fii adalah panggilan bagi orang-orang dekatnya dan sekaligus nama pena. Perempuan Jawa tulen yang sejak
sekolah dasar gemar mengotori buku tulis dengan cerita fiksi. Aroma buku baru adalah favoritnya hingga kadang digunakan untuk terapi kala mata sulit terpejam. Serius di dunia kepenulisan sejak akhir tahun 2016. Keep in touch via Wattpad/Kwikku @fiieureka, Facebook @nikmaa, or Instagram @fiieureka.

Hapsah Amir, penulis sekaligus aktif sebagai seorang Aparat Sipil Negara (ASN) yang bekerja di RSUD Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Menjalankan rutinitas sebagai perawat tidak mengurangi minatku untuk terus menulis. Aku memutuskan untuk lebih menekuni dunia literasi ini sejak bulan November 2019. Meski masih baru, tetapi aku bertekadakan terus menoreh karya. Kalian bisa menghubungiku melalui Fb : ummiputriduo dan Ig : @hapsah.amir serta surel : hapsahamir@gmail.com.

Irma Windasari lahir di Madiun dan menetap di Cikampek. Seorang ibu dari tiga orang anak yang memiliki kesukaan membaca buku dan traveling. Di sela kesibukannya mengelola Paud Cerdas Mandiri, dia memilih menulis untuk menjaga stabilitas emosinya. Penulis dapat ditemui di Ig @windasariirma dan Fb (Irma Windasari).

Kinanti WP adalah penulis yang saat ini berdomisili di Bogor. Pecinta hujan, susu cokelat, dan film serta novel
bergenre komedi romantis ini telah memiliki beberapa karya solo, di antaranya; The Lady Escort (Penerbit Kubus Media, 2017), novelisasi Si Doel the Movie (Falcon Publishing, 2017), Camera, Roll, Action! (Penerbit Cerita Kata, 2018), CEO in Training (Penerbit Cerita Kata, 2020), dan Tanya Tania (Penerbit Kata Depan, 2020).

Liila Rii lahir dan besar di Labusel, Sumatra Utara. Dia bekerja sebagai guru di sebuah sekolah RA. Menghabiskan waktu luang dengan membaca, memasak, dan jalan-jalan. Penulis novel Wonderful Playground ini dapat dihubungi melalui Facebook dan Instagram dengan akun Lila Ritonga Icma atau Wattpad liilarie.

L. Hida, perempuan Melayu, penulis novela Elusif ini lahir dan dibesarkan di Riau pada 19 September. Aktivitas
menulis dan berkecimpung di dunia literasi adalah salah satu profesi yang ditekuninya. Dapat ditemui melalui akun
medsosnya; FB: Laili Hidayati (L. Hida), IG: @kedai_mak_ayah; Wattpad: @lelyrlf3.

Mala Hayati dilahirkan di Aceh Tamiang pada tanggal 12 November 2000. Saat ini ia sedang menempuh Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Samudra, Langsa, Aceh. Mala suka membaca. Oleh sebab itu, dia ingin menjadi penulis yang bisa menjadi inspirasi banyak orang. Mala dapat dihubungi melalui Instagram @ms_zarkas.

Naomi Kanaya, nama pena dari wanita berzodiak Gemini, cenderung introvert, dan moody. Pecinta warna ungu yang senang mendengarkan podcast seram. Pluviophile yang suka berhalu dan baru setahun belakangan mencoba
menuangkannya dalam dunia literasi. Saat ini sudah memiliki beberapa antologi, tetapi berharap bisa segera memiliki karya solo.

Menjadi guru adalah profesi yang sedang dijalani oleh Novita Anggun. Baginya, pendidikan itu penting. Begitupun dengan menulis. Karena dengan tulisan, ia ingin memajukan dunia pendidikan. Selain itu, ia juga memiliki putri yang istimewa; Qiyara Sheena yang didiagnosis terkena Beckwith Wiedamn Syndrome. Putrinya adalah serotonin-nya untuk menulis dan berkarya. Penulis bisa ditemui di Fb : Novita Anggun Nurrahmi, Ig : novitanggun_/mommibook.

Langgeng Rury Kusumawati, dengan nama pena Rury Kusuma. Lahir 46 tahun lalu dan berdomisili di Depok. Seorang ibu rumah tangga yang suka dengan dunia literasi. Perjalanan menulisnya di mulai dengan ikut dalam penulisan buku antologi puisi, dongeng, cerita anak dan cerita fiksi bersama dengan beberapa komunitas menulis. Untuk menyapanya dan melihat beberapa hasil karyanya, bisa melalui : Facebook @Rury Kusumawati, IG @rury012, dan Wattpad @RuryKusuma.

Sabila Ma’ruf lahir di Sukabumi, 28 Juni 1992. Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang sastra,
Sabila selalu tertarik dengan bidang literasi baca tulis. Hal inilah yang membuat ibu dari satu anak ini memiliki hobi
membaca dan menulis novel sejak SD. Melalui novel antologi mitologi ini, Sabila memulai debutnya sebagai penulis. Karyanya yang lain dapat kalian temukan di Wattpad: sabilamrf.

Sabiqis Edogawa, pemilik moto Work Smart Travel Hard yang tinggal di Depok, Jawa Barat. Baru pertengahan
tahun 2019 memasuki dunia literasi. Penggemar kucing ini mulai belajar menulis di Nubar Rumedia dan KamAksara. Beberapa antologi telah diterbitkan. Ia dapat dijumpai di Ig :@sabiqis_bacabuku, Fb : Sanuazie.Asrorie, dan website www.curhatanaksekarang.com.

San Hanna adalah perempuan yang jatuh cinta pada literasi dan berharap karyanya bisa menginspirasi. Lovaudit adalah novel perdana yang terbit di Cerita Kata pada 2019. Penyuka cokelat dan kopi susu ini juga sudah menulis belasan buku antologi bersama. Beberapa karyanya dipublikasikan di akun Wattpad @esha1718. Penulis bisa dihubungi melalui surel sanhanna19@gmail.com.

Sheila Syahira, penulis yang menetap di Yogyakarta ini sudah melahirkan satu buah novel solo serta menjadi
kontributor di beberapa antologi. Untuk karya lainnya bisa dibaca di akun Wattpad penulis dengan username @
ordinarysheila.

Upiek Widowati Purwani adalah seorang ibu dari seorang Putri yang mencintai dunia literasi sejak kecil. Beberapa buku antologi bersama yang telah dihasilkan antara lain : Dongeng Suka-suka (2012) Dalam Balutan Pelangi (2012), Jejak Cinta (2017), Shympony of The Rain (2018), dan sebuah antologi tunggal : Lakon Hidup (2019). Upiek
dapat dihubungi melalui Instagram @upiekpurwani, Fb @UpiekWidowati Purwani, dan Wattpad @UpiekPurwani.

Wina Batoebara, ibu tiga anak yang ingin sekali menjadi penulis. Karena itu, wanita yang bekerja sebagai tenaga
pendidik di madrasah yang jaraknya cukup jauh dari rumah ini memanfaatkan waktu perjalanannya untuk menulis. Namun, sering kali dia mendapati dirinya tertidur di bus. Untuk profil lebih lengkap wanita pecinta hujan ini dapat ke
Facebook @Wina Handayani atau surel ke winabatoebara@gmail.com.

 

Order & info: Bit.ly/OrderBuku_CK